Kamis, 08 Desember 2016

5 Pendekar Indonesia yang Diakui Kehebatannya oleh Penjajah

Sosok seorang hero mulai di kenal sesudah film-film Hollywood mulai merambah ke tanah air. Sebut saja Superman, Batman, Spiderman sampai Captain America yang merupakan tokoh dengan kekuatan super yang sangat popular beberapa tahun belakangan ini. Namun di kehidupan nyata pasti tak ada satupun manusia yang punya kekuatan seperti itu.


Namun sesungguhnya bicara tentang tokoh hero kita tak perlu jauh-jauh ke luar negeri lantaran dalam sejarah di tanah air terdapat banyak tokoh hero atau yang lebih tepatnya kita sebut sebagai pendekar, dimasanya dengan gagah berani melawan para penjajah Belanda. Dengan semangat juang tinggi serta kekuatan beladiri yang mumpuni mereka juga mampu membuat para penjajah jadi ketar-ketir sampai pada akhirnya ditakuti serta diakui kehebatannya oleh para penjajah. Siapa saja pendekar Indonesia yang diakui kehebatannya oleh penjajah?

1. Sakera 

Di eranya para penjajah bersama para koloninya menyebut Sakera sebagai seorang bandit. Pasalnya di masanya Sakera di kenal paling bisa membuat para pasukan Belanda mengalami teror mengerikan Sayangnya pendekar yang datang dari Bangli, Pasuruan ini pada akhirnya habis setelah ia dihukum mati oleh pasukan Belanda setelah Sakera dikhianati oleh rekannya sendiri. Semasa hidup Sakera di kenal sebagai jagoan tapi itu tak membuatnya jumawa ia di kenal begitu baik serta begitu perduli dengan sebagian temannya.

2. Nyi Mas Melati 

Sosok Nyi Mas Melati mungkin saja tidak banyak di kenal, namanya juga tak sepopuler Sakera. Namun jangan salah, wanita yang disebut anak dari Raden Kabal ini juga adalah satu diantara pendekar yang begitu diakui oleh penjajah, bahkan juga ia dijuluki sebagai “Singa Betina”. Nyi Mas Melati begitu pakar beladiri serta mendalami ilmu kanuragan yang tinggi, namun hal itu tak membuatnya jadi penjahat melainkan jadi seorang pendekar yang lakukan pemberontakan pada para penjajah dan antek-anteknya.

3. Entong Gendut 

Sosok Entong Gendut adalah satu diantara pendekar legendaris asal Betawi. Bahkan semasa hidup ia adalah seorang tokoh Betawi yang begitu disegani. Semasa penjajahan Entong Gendut yang di kenal sebagai tokoh berpengaruh di Condet pernah ditawari untuk jadi raja muda di Condet. Cuma saja lantaran penderitaan masyarakat Condet ia menampik bahkan melakukan pemberontakan pada penjajah. Dalam pertempuran Entong Condet sukses membuat para pasukan Belanda ketakutan bahkan dengan tangan kosong Entong sukses membasmi puluhan penjajah. Sayangnya dalam pemberontakan di Landhuis ia tewas dengan puluhan peluru di tubuh serta mayatnya di ambil untuk dibuang ke laut.

4. Nyi Mas Gamparan 

Di daerah Banten, nama Nyi Mas Gamparan barangkali telah mulai terlupakan. Namun dalam sejarah sosok pendekar yang satu ini juga adalah tokoh yang sangat diakui oleh penjajah. Bahkan dengan kekuatan beladiri serta pasukan wanitanya ia tak ragu untuk lakukan perang gerilya pada penjajah. Bahkan pasukan Belanda saat itu mesti memohon bantuan pada pasukan Kartanata Nagara. Dengan iming-iming kekuasaan di Rangkasbitung, Raden Tumenggung Kartanata Nagara menumpas perlawanan Nyi Mas Gamparan.

5. Pitung 

Sosok pendekar yang satu ini tentunya tak dapat di hilangkan. Pitung merupakan seorang pendekar yang paling melegenda di tanah air semasa penjajah. Bahkan untuk para penjajah pendekar yang bernama asli Salihoen ini adalah tokoh yang seringkali memunculkan ketakutan. Pitung di kenal begitu berani menetang penjajah bahkan juga ia tak sungkan untuk membunuh para penjajah yang telah menyakiti rakyat. Dengan goloknya tak ada yang bisa memastikan sudah berapakah banyak penjajah yang tewas ditangan pitung, sampai pada akhirnya ia sendiri mesti tewas ditangan penjajah. Ada banyak versi cerita yang bercerita bagaimana Pitung tewas, ada yang menyampaikan ia ditembak dengan peluru emas, ada juga yang menyampaikan bila ilmunya hilang karena rambutnya dipotong.

Baca Juga : 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog